Bond 2.0

Written on 8:30 AM by Harits Anwar

DI dunia James Bond versi Daniel Craig, persoalannya bukan lagi apakah segelas martini harus dikocok atau diaduk. Setelah melalui berbagai tafsir Bond yang tampan dan kenes, Craig memberikan sebuah definisi baru tentang seorang agen intelijen yang dingin dan seksi. Yang menantang sekaligus membuat napas berhenti. Segelas martini dan tuksedo itu tak penting lagi. Bond versi Craig boleh tampil sekumel mungkin, dan dia akan tetap menjadi Bond abad ke-21 yang lezat.

Di panggung Daniel Craig, kita tak perlu ribut-ribut soal plot. Yang penting sekarang adalah bagaimana sutradara Marc Foster menyajikan Bond pada abad yang sudah memiliki jagoan baru lain seperti Bourne, atau bahkan serial 24 dan Alias yang memanfaatkan teknologi sinematik yang lebih baru, lebih canggih, dan lebih keren daripada film-film James Bond di masa lalu. Bagaimana dunia yang kini lebih memfokuskan diri pada terorisme dan ancaman senjata kimia bisa diadaptasikan pada kisah Ian Fleming yang di masa lalu berkutat dengan masalah komunisme.

Dalam film Quantum of Solace, Bond menggotong dendamnya ke mana-mana. Dari pengkhianatan wanita yang dicintainya, Vesper Lynd (dalam film Casino Royale), Bond berniat mencari kebenaran di balik tingkah Vesper yang mencuri uang hasil kasino yang dimenangi Bond.

Dendam dan keinginan melindungi M (Judi Dench)—bos agen intelijen terbesar di Inggris yang dingin, tegas tetapi toh protektif pada Bond seperti seorang ibu.

Kali ini, Bond menjelajah tanpa fasi-litas apa pun. Korban berjatuhan dan ternyata salah satunya adalah ”orang dalam”. M menahan segala fasilitas kartu kredit dan kemewahan. Bond berkelana seadanya, tak ada pernik teknologi, tak ada mobil terbang atau mobil yang menyodok laut. Kali ini dia mengejar, membunuh, menghajar tanpa bantuan pernik dari Q (kenapa dia hilang?); dia cuma bergumul dengan seorang perempuan, Strawberry Fields (lha, piye?) dan cukup elegan ”hanya” mencium si cantik Camille Montes (Olga Kurylenko) pada akhir film.

Syahdan, James Bond mencari biang kerok dari segala peristiwa hitam yang membuat wanita yang dicintainya mengkhianatinya dan tewas dalam Casino Royale. Untuk mendapatkan sang biang kerok, Bond harus mencari Dominic Greene (Mathieu Amalric), seorang pendiri sebuah organisasi kriminal berkedok pembela lingkungan bernama Quantum. Bond menyeberang ke Austria, Italia, dan Amerika Selatan. Dengan bantuan Rene Mathis (Giancarlo Giannini), Bond memburu Greene, yang sudah siap menjungkalkan Camille dari lantai atas sebuah gedung tua. Saat itu Greene tengah berupaya memanipulasi Jenderal Medrano dari Bolivia untuk menukar sebidang tanah—yang menjadi sumber utama suplai air—dengan janji bahwa dia akan mampu mengerahkan koneksinya untuk menjungkalkan rezim Bolivia saat itu.

Transaksi ini kemudian terganggu oleh kehadiran Bond dan Camille—yang punya dendam pribadi terhadap sang jenderal. Di tengah gempuran api yang menjilat hotel di tengah padang pasir itu, Bond berkelahi dengan Greene, sementara Camille menerjang sang jenderal yang gemar memerkosa.

Mungkin sutradara Marc Foster (sebelumnya lebih sering membuat film drama seperti Finding Neverland, Monster’s Ball, dan The Kite Runner) ingin menunjukkan sesuatu yang berbeda. Yang pertama dia lakukan adalah meruntuhkan seluruh karakteristik Bond. Minuman martini kegemaran Bond yang selalu disertai ucapan kepada bartender ”shaken, not stirred” sudah dirontokkan dalam Casino Royale dengan ucapan Bond yang ketus: ”memangnya aku peduli?”

Lantas sekarang kita melihat Bond, seperti juga jagoan lainnya seperti Bourne atau Jack Bauer yang mampu berkelahi dengan tangan kosong, tanpa bantuan pernak-pernik mewah dan kinclong buatan Q. Tanpa pernik, Bond jadi terasa aneh dan tidak istimewa; tapi mungkin dia jadi lebih jantan. Tambah lagi, cewek-cewek Bond tak lagi tampil sebagai aksesori. Camille Montes, yang sayangnya diperankan dengan buruk oleh Olga Kurylenko, memiliki sejarah hitam dengan Jenderal, dan mendampingi Bond sebagai pasangan penuh dendam. Sepanjang film, Olga hanya tampil dengan satu macam ekspresi: cemberut seperti gadis remaja ngambek. Benarkah dia dipilih di antara 7.000 peserta audisi? Seriously! Dia adalah satu dari sekian Bond girls yang tampil paling buruk sepanjang sejarah (setelah Grace Jones).

Sosok M kini lebih seperti seorang ibu yang khawatir terhadap tingkah laku Bond yang dianggap di luar akal sehat. Tetapi lihatlah adegan M memberikan instruksi melalui telepon, sembari membersihkan wajah dengan lotion, bak seorang pembunuh tengah membersihkan ”kutu-kutu” dengan sekali usap. Itu bukan gerak seorang ibu, melainkan seorang pembunuh yang dingin.

Mereka yang telanjur jatuh cinta pada ciri khas Bond ala Ian Fleming memang harus mengucapkan selamat tinggal. Bond sekarang milik Hollywood dan dunia, sehingga ia menjadi suatu karya pop ”klasik” yang bebas ditafsirkan oleh pemain dan sineasnya.

Kali ini Foster juga ingin memasukkan rasa ”seni” dalam Bond. Adegan intercut antara sebuah opera akbar Tosca di Danau Constance di Austria dan adegan kejar-mengejar dengan rombongan Dominic Greene berakhir dengan sebuah adegan slow motion tanpa suara di antara lontaran peluru ke seluruh penjuru itu: dahsyat! Memang ini tidak orisinal, karena film The Godfather 3 juga sudah melakukannya: art imitates life.

Sementara dua tahun lalu film Casino Royale (sutradara: Martin Campbell) berhasil mengguncang dunia, kini Quantum of Solace ternyata menjungkirbalikkan definisi Bond yang telanjur kita kenal. Lalu siapakah gerangan agen berwajah ganteng, seksi, dingin, yang tak peduli dengan minumannya (apakah dikocok atau diaduk) dan tak lagi gemar meniduri banyak perempuan? Masihkah dia bernama ”Bond. James Bond”?


Sumber: Tempo

If you enjoyed this post Subscribe to our feed

No Comment

Post a Comment