Aparteman Termahal

Written on 9:32 AM by Harits Anwar


INGIN punya apartemen mahal? Anda sebaiknya ke Hong Kong. Menurut survei apartemen di Hong Kong rata-rata disewakan dengan harga USD 9.700 per bulan. 


Sementara itu peringkat kedua justru diduduki Kota Moskow. Berturut-turut setelah Moskow, kota-kota di dunia yang memiliki sewa apartemen termahal adalah New York City, Tokyo, dan London. Kota-kota di Asia lainnya seperti Mumbai, Seoul, Singapura, dan Ho Chi Minh City mampu menembus peringkat sepuluh besar. Mumbai ada di peringkat enam, Seoul di peringkat ketujuh, sedangkan Singapura dan Ho Chi Minh City ada di peringkat sembilan dan sepuluh. 

Lalu dimana posisi Jakarta? Menurut ECA, jika dikumpulkan pada kelompok Asia, maka ibu kota Indonesia ini berada di peringkat sepuluh. Posisi ini jauh lebih baik ketimbang kota-kota di Asia lainnya, yakni Manila (14), Bangkok (15), dan Kuala Lumpur (16). Berdasarkan survei lagi, diketahui Karachi merupakan kota dengan biaya sewa apartemen paling murah. 

Survei ini sendiri menurut ECA International mengambil sampel di beberapa apartemen yang jadi favorit ekspatriat. Selain itu,apartemen yang disurvei harus memiliki fasilitas luks dan tiga kamar. Menariknya dari data tersebut, kota-kota di Asia justru mempunyai biaya sewa apartemen yang sangat tinggi dibandingkan kota-kota di dunia lainnya. Rata-rata biaya sewa apartemen di Asia mencapai USD 3.820 hingga USD 2.950. 

Biaya apartemen di Hong Kong sendiri, yakni USD 9.734, justru tiga kali lebih mahal dibandingkan biaya sewa apartemen di Asia. "Pertumbuhan ekonomi yang sangat baik di Asia mempunyai efek tingginya kebutuhan high end apartment," kata Lee Quane, General Manager ECA International. Di Singapura sendiri, pada tahun 2006 orang yang ingin menyewa apartemen masih bisa mengeluarkan uang USD 3.364. Tahun ini jumlah tersebut membengkak hingga USD 4.460. (sindo//nsa)

If you enjoyed this post Subscribe to our feed

No Comment

Post a Comment